Kamis, 30 Juni 2011

Gamal dan Audrey: Dari YouTube ke Dapur Rekaman

Nama Gamal dan Audrey mungkin tak setenar Sinta dan Jojo. Apalagi Justin Bieber. Namun mereka semua punya kesamaan: terkenal karena YouTube.
Sejak 2008, kakak beradik Gamaliel dan Audrey Tapiheru sudah rajin mengunggah video mereka menyanyikan lagu-lagu R&B terkenal ke Youtube. Awalnya hobi ini mereka lakukan hanya karena iseng. Namun seiring meroketnya nama Sinta dan Jojo akibat video lipsync mereka di Youtube, Gamal dan Audrey pun mulai dilirik banyak pihak. Acara musik Harmoni bahkan sempat mengundang mereka bernyanyi di salah satu episode — pertama kalinya Gamal dan Audrey tampil bernyanyi di televisi.
Kini popularitas pria kelahiran Jakarta, 9 Oktober 1990 dan gadis kelahiran 26 Juli 1993 ini tak terbatas pada layar komputer di halaman Youtube, tapi juga mulai merambah layar kaca dan panggung hiburan. Sony Music baru saja mengontrak mereka untuk merekam singel — dilanjut album — bersama seorang penyanyi pendatang baru, Cantika.
Di sela persiapan Gamal dan Audrey tampil di KOPFEST 2011, mereka sempat berkunjung ke kantor Yahoo! Indonesia dan berbincang dengan OMG.


Yahoo!: Kalian sering ikut lomba nyanyi?
Gamal (G): Sering, biasanya didaftarin sekolah. Tapi lombanya sendiri-sendiri, nggak berdua.
Sejak kapan mulai suka upload video nyanyi ke Youtube, dan lagu apa yang pertama di-upload?
G: Awalnya sejak 2008, video pertama yang aku upload tuh lagunya Christina Aguilera yang Save Me From My Self.
Audrey (A): Tapi itu yang Gamal nyanyi sendiri. Kalau yang duet, lagu pertama yang kita upload tuh Neyo featuring Rihanna, Hate That I Love You.
Udah berapa video yang kalian upload ke Youtube?
G: Banyaaak! Dulu sempat banyak banget, tapi ada beberapa yang kita hapus. Desember kemarin akun Youtube aku sempat di-hack juga, baru balik bulan lalu setelah Sony Music bantu ngontak Youtube di Amerika langsung.
Lebih senang nyanyi sendiri atau duet?
A: Aku sih lebih senang berdua ya. Makanya sekarang lagu yang seharusnya nyanyi sendiri pun sengaja kita bikin duet. Enak kalau berdua, suaranya bisa dipecah, bisa harmonisasi dan lebih dieksplor.
Ceritain dong prosesnya sampai kalian bisa diundang tampil di Harmoni.
A: Awalnya kita dikontak orang Magenta lewat Twitter. Dia nanya di Twitter-nya, 'Kontak Gamal dan Audrey ke mana ya?' Ada yang jawab ngasih tahu akun Twitter kita, terus dia mention deh.
G: Kebetulan hari itu pas ulang tahun Audrey. Dia kan biasanya jarang ngecek Twitter, tapi hari itu aku suruh ngecek, kalau lagi ultah kan banyak yang mention biasanya. Eh, ternyata ada yang mention nggak ngomong happy birthday, tapi malah ngajak manggung di Harmoni. Langsung lemas lah kita. Nggak siap mental waktu itu, karena kita kan demen banget nonton Harmoni. Dan latihan sama orkestranya cuma dua hari.
Waktu ketemu pengisi acara lain di Harmoni, apakah mereka tahu kalian siapa?
Kita sempat ngobrol-ngobrol sih, tapi mereka nggak ada yang tahu. Kecuali Vidi Aldiano ya, karena kita memang udah kenal di dunia maya sejak Vidi belum terkenal. Dulu kenal sama Vidi di MySpace.
Dari semua video yang sudah kalian upload di Youtube, mana yang terfavorit?
A: Lagunya Taio Cruz yang Break Your Heart digabung sama Maniac-nya Girlicious. Soalnya itu pertama kalinya kita ngegabungin dua lagu. Di video itu, ada personil Girlicious yang ikut komen. Dia kagum, katanya dia aja nggak kepikiran bikin mash-up lagu itu.
Terganggu nggak, sama komentar negatif yang bertebaran di Youtube?
G: Memang banyak sih yang suka komen negatif, tapi kita cuek aja. Itu nunjukin betapa nggak dewasanya dia.
A: Aku sih paling kesel kalau ada komentar yang ngejelekin salah satu dari kita. Misalnya, "Audrey ngapain sih ikut-ikutan? Bagusan gamal sendiri," dan sebagainya.

"Mama belum ngebolehin aku punya pacar," ujar Audrey. Foto oleh Yadien Syahbuddin.
Kalian kenal sama Sinta dan Jojo?
G: Kenal dong. Kita jadi naik karena mereka juga, kan. Dari awal Sinta — Jojo terkenal, kita nonton terus setiap mereka muncul di televisi, soalnya menghibur banget. Sempat kasihan juga sih sama mereka, karena mereka ternyata sering dibanding-bandingin sama kita. Padahal kan jenis hiburan kita memang berbeda, harusnya jangan dibandingin.
A: Kita juga pernah ketemu dia kali di SCTV Awards dan sempat ngobrol. Anaknya polos-polos banget, dan mereka di-bully gitu. Kasihan sih, mereka juga nggak minta jadi terkenal, kan.
Siapa penyanyi favorit kalian di Youtube?
A: Wah, banyak banget! Ada yang namanya Jeremy Passion, ada juga kakak beradik enam orang cewek semua, namanya Cimorelli. AJ Raphael juga keren, sebentar lagi mau keluar album. Tori Kelly juga aku suka.
G: Nah, Tori Kelly tuh parah! Suaranya keren abis! Dia tuh keren bukan karena aransemen lagunya, tapi memang suaranya udah bagus banget. Malah dia sering nyanyi polos tanpa musik, dan itu hasilnya bagus.
Kalian udah punya pacar belum, sih?
G: Aku sih belum. Dulu sempat suka sama cewek, tapi…
A: Aku sih udah ada yang dekat, tapi sama mama belum dibolehin pacaran karena masih sekolah. Tapi ini kan aku baru lulus, ya. Nanti deh, ditanya lagi. Gamal tuh memang belum pernah punya pacar?
Kenapa? Memang cewek seperti apa yang kamu cari?
G: Nggak tahu, ya. Aku memang agak susah aja suka sama orang.
A: Gamal tuh suka cewek yang santai-santai aja, bukan yang heboh. Dan dia nggak suka cewek agresif.
G: Aku nggak suka yang agresif. Ngeri! Dan aku kurang suka yang tomboi. Kalo dari segi fisik, yang penting badannya jangan lebih gede dari badanku. Yang imut-imut aja. Hehehe…
Kalau Audrey suka cowok seperti apa?
G: Audrey mah yang penting baik. Cewek lain kan biasanya suka sama cowok ganteng, kalau Audrey nomor satu harus baik. Nomor dua, nggak bego. Dia suka cowok pintar. Dan nggak suka cowok genit. Kalo genit dia pasti males.
A: Aku juga nggak suka cowok bawel, sukanya yang pendiem aja. Tapi yang paling bikin ilfil tuh cowok yang ngomongnya keras-keras nggak dikontrol. Kayak toa. Hahaha…
---

Sumber ;  Yahoo OMG

2 komentar:

  1. thanks Mariella ^__^ atas kunjungannya, hidup semakin berwarna dengan berteman dengan anda.....(ini meminjam ungkapan dari Pakde Cholik pemilik BlogCamp)

    salam manis dari Bali..kpapan.

    BalasHapus
  2. iaaa. sama sama kak :D salaam jgaa :)

    BalasHapus

silahkan meninggalkan komentar ya